1. Geofisika adalah pengetahuan tentang fisik bumi bagian dalam dengan memakai meto-de dan teknik fisika seperti mengukur gelombang gempa, magnet bumi, gravitasi, struk-tur lapisan kulit bumi, dsb. Ada juga geologi struktur yang mempelajari tentang susunan lapisan batuan (stratigrafi), bentuk atau bangun daripada kulit bumi akibat adanya gaya-gaya eksogen dan endo-gen yang bekerja.



2. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.


3. Geologi adalah ilmu yang mem-pelajari bumi secarah keselu-ruhan meliputi: Asal kejadian, struktur, komposisi, sejarah hingga proses alamiah sampai pada kenampakan masa kini. Cabang-Cabang Geologi : Geofisika dan paleon-tologi.


4. Geodesi adalah salah satu cabang ilmu matematika terpakai yang melakukan pengukuran atau pengamatan, menentukan bentuk dan ukuran bumi, menentukan posisi/koordinat titik, panjang dan arah di permukaan bumi, berikut melakukan studi gaya berat.